Preloader

Alamat Kantor

Area Perkantoran Bandara Soekarno-Hatta, Kode Pos 19120

Nomor Telpon

021-5507989, 021-5506068

Alamat Email

kkp.soekarnohatta@yahoo.co.id

171920261997-IMG_1702-(1).jpg

KEDATANGAN PERDANA

Telah tiba kloter perdana JKG 02 sebanyak 438 orang Jemaah haji asal Kota Tangerang Banten pkl. 20.45 WIB tanggal 22 Juni 2024 diikuti JKS 01 sebanyak 440 orang asal Kota Bekasi, JKG 01 DKI sebanyak 393 orang asal Kota Jakarta Barat , JKS 02 sebanyak 440 orang asal Kota Garut , JKG 03 Lampung sebanyak 392 orang.

Ketibaan pesawat Jemaah Haji berlokasi di Gate F6 Terminal 2F internasional Bandara Soekarno Hatta. Sesuai prosedur kekarantinaan saat kedatangan, maka BBKK Soekarno Hatta melakukan berbagai prosedur kekarantinaan di pintu masuk. Di awali dengan Tim Boarding beranggotakan tenaga medis, surveilans, dan pengendalian risiko lingkungan yang menaiki pesawat untuk berkomunikasi dengan pursher dan TKHI pendamping Jemaah bertujuan mengkonfirmasi mengenai ada tidaknya penumpang sakit di pesawat. Kemudian dilakukanlah announcement kekarantinaan kesehatan, diikuti dengan skrining Kesehatan atau pemeriksaan cepat kondisi kesehatan jemaah haji, di akhiri dengan clearence declaration.

Untuk prosedur kekarantinaan yang di berlakukan di area kedatangan yakni di awali dengan skrining suhu tubuh jemaah haji yang melewati koridor F6 dengan alat Thermalscanner bertujuan menangkap penumpang dengan suhu tubuh di atas 38 derajat. Jika ditemukan penumpang dengan suhu tinggi tersebut maka selanjutnya di bawa ke pos Kesehatan untuk dilakukan anamnesa dan observasi lebih lanjut (penyelidikan epidemiologi).

Saat melewati gate kedatangan, terdapat sarana promosi edukasi Kesehatan berupa digital banner bagi jemaah haji paska kepulangan. Diantaranya anjuran untuk menggunakan masker, lalu karantina mandiri yakni semaksimal mungkin untuk tidak melakukan aktivitas keluar rumah yang tidak perlu selama 21 hari sejak kepulangan dari Arab Saudi. Serta mencatat dan melaporkan ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat jika dijumpai tanda dan gejala seperti demam, batuk, mual, muntah, kaku kuduk yang dirasakan selama 21 hari sejak kedatangan.

Setelah melewati area pemeriksaan suhu tubuh dan digital banner, maka berlanjut ke area imigrasi untuk proses stempel paspor. Berlanjut ke gate F1 menuju air side landasan untuk menaiki bus masing-masing rombongan untuk keluar bandara menuju asrama haji.


"Salam Sehat.. Sehat Indonesiaku.."